Media Komunikasi

  • Wireless / Radio
  • Kabel Tembaga
  • Fiber Optic

Senin, 24 September 2012

Perbandingan BLUETOOTH, INFRARED, dan WIRELESS


      Beberapa yang menjadi perbedaan antara koneksi bluetooth, infrared dan wireless antara lain dalam segi penggunaan, penerapan, keuntungan dan kelemahannya adalah sebagai berikut.


BLUETOOTH
     Bluetooth dapat digunakan untuk mentransfer data antara 2 komputer (meskipun saya belum melihat itu dilakukan). Namun, bluetooth banyak digunakan untuk menghubungkan perangkat dan periferal (seperti
ponsel dan headset nirkabel, atau ponsel dan komputer untuk sinkronisasi atau kontak cadangan, hal semacam itu). Rentang kecil (suatu tempat sekitar 20 meter, saya pikir), tetapi perangkat tidak harus menunjuk langsung satu sama lain. Ada kegunaan lain juga (beberapa hotel dapat memungkinkan bluetooth ponsel Anda untuk bertindak sebagai "kunci" untuk ruangan Anda, karena kamar bluetooth diaktifkan, misalnya). Jenis lain dari penggunaan yang cukup langka saat ini.

INFRARED
     Inframerah memungkinkan transfer data antara 2 perangkat, biasanya baik 2 laptop atau komputer dan aksesori inframerah lainnya. Namun, rentang tersebut pada Infrared cukup rendah (jarak yang relatif dekat), dan 2 perangkat harus menunjuk secara langsung satu sama lain. Kecepatan transfer data juga tidak terlalu tinggi. Untuk alasan ini, infrared tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

WIRELESS
     WiFi sinyal jaringan nirkabel, terutama di salah satu dari 802,11 spesifikasi (802.11b & 802.11g yang paling umum). Hal ini memungkinkan hal-hal seperti memiliki akses internet nirkabel, mentransfer file antara 2 komputer, bermain game online tanpa kabel jaringan, dll Hal ini juga memungkinkan untuk perjalanan dengan laptop Wifi dan mendapatkan di Internet dari lokasi lain (kedai kopi, dll). Rentang ini juga jauh lebih besar dari bluetooth - jarak yang tepat tergantung pada jenis spesifik Wifi yang digunakan, dan faktor-faktor lain seperti jumlah objek di jalan, dll Perhatikan bahwa benda lebih yang antara perangkat wifi (dinding / lantai , furnitur besar, pohon, lemari arsip, dll) akan membuat perbedaan besar dalam jangkauan efektif dari jenis koneksi. Juga mencatat bahwa sejumlah barang rumah tangga biasa dapat membuat gangguan dengan sinyal Wifi (microwave, meskipun biasanya hanya ketika mereka sedang berjalan, telepon rumah nirkabel; jenis elektronik besar, beberapa sistem keamanan nirkabel) dan mempengaruhi seberapa baik beroperasi dan seberapa jauh sinyal perjalanan. Biasanya router Wifi tunggal akan memungkinkan akses internet nirkabel melalui seluruh rumah, jika ditempatkan di rumah dengan benar.

4 komentar: