Media Komunikasi

  • Wireless / Radio
  • Kabel Tembaga
  • Fiber Optic

Selasa, 25 September 2012

Konfigurasi BSS : Basic Service Set.


     Konfigurasi BSS minimal terdri dari sebuah Access-Point yang terhubung ke jaringan kabel atau internet. Access-Point ini dikenal juga sebagai managed network. Komunikasi antara dua station, misalnya A dan B, harus dari station A ke Acces-Point dahulu kemudian Access-Point mengulang mengirim data ke B. Untuk membangun suatu jaringan dengan server pada konfigurasi ini, server diletakkan pada Access-Point dan station-station lainnya sebagai client.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengkonfigurasi jaringan BSS.

#Alat dan Bahan#

  1. Access Point
  2. UTP Straight
  3. PC Laptop / PC komputer
  4. Software Network View

Konfigurasi Access Point
1. Masuk pada konfigurasi Access Point, untuk login gunakan "admin" sebagai username dan passwordnya.

2. Tampilan dari wireless Access Point. Disini wireless yang saya gunakan adalah wireless Tomato dengan versi 1.27.

3. Langsung saja masuk pada pilhan "Basic-Network" dan lakukan pengaturan pada LAN.

4. Untuk router IP Address masih dalam keadaan default yaitu 192.168.1.1 dengan Subnet Mask 255.255.255.0. Untuk DHCP server beri alamat sesuai kebutuhan, misal antara range IP 192.168.1.10 - 192.168.1.17. Host id dari range IP tersebut adalah yang menentukan jumlah client yang dapat terkoneksi dengan Access Point ini nantinya. 10-17 = artinya hanya 18 client yang dapat terkoneksi dengan wireless Access Point ini. Selanjutnya untuk SSID beri nama terserah kita, misal (TK2C - Kel 3). Nama SSID nantinya akan keluar sebagai nama Access Point yang telah kita konfigurasi.

5. Untuk "Security" sebaiknya kita lakukan konfigurasi juga agar tidak sembarangan client dapat terkoneksi dengan wireless Access Point kita. Pada pangaturan security pilih "WEP", Encryption pilih "64-bits", dan pada "Key 1" masukkan password terserah kita, misal (1234567890). Pada security inilah password yang nantinya akan diminta setelah client melakukan koneksi dengan wireless Access Point kita. Kemudian pilih "Save" untuk menyimpan konfigurasi Access Point.

6. Setelah selesai melakukan konfigurasi Access Point lepas kabel konsol yang berada di Access Point, kemudian selanjutnya lakukan konfigurasikan client agar terhubung ke Access Point.


Konfigurasi Komputer Client (laptop / PC)
7. Pada client / laptop, aktifkan wireless kemudian cari nama wireless Access Point yang sudah kita setting tadi. Yaitu "TK2C - Kel 3", jika nama Access Point belum ada maka lakukan konfigurasi seperti yang di atas tadi. Sebaliknya, jika sudah ada nama Access Point yang telah kita setting maka selanjutnya hanya melakukan koneksi dengan Access Point. Klik "Connect".

8. Tunggu sampai proses koneksi dengan Access Point selesai.

9. Masukkan security key untuk ijin akses melakukan koneksi dengan Access Point "TK2C - Kel 3", yaitu "1234567890". Kemudian klik "connect".

10. Tunggu proses login dengan Access Point.

11. Jika muncul "Success" maka kita sudah berhasil konek dengan Access Point TK2C - Kel 3. Jika belum berhasil kemungkinan salah pada saat memasukkan "security key".

12. Selanjutnya klik kanan pada Wireless TK2C - Kel 3 kemudian pilih status untuk mengetahui informasi lebih lanjut dari koneksi yang sudah kita lakukan.

13. Kemudian pilih "Detail" untuk melihat konfigurasi IP Address yang kita dapat / IP Address yang telah diberikan oleh Access Point kepada kita.

14. Ternyata IP Address yang diberikan wireless Access Point kepada kita adalah 192.168.1.16 dari range IP 192.168.1.10 - 192.168.1.17 yang berada dalam pengaturan Accesss Point sebelumnya.

15. Setelah kita mendapatkan alamat IP Address, tanda dari kita sudah benar - benar berhasil malakukan hubunga koneksi dengan wireless Access Point TK2C - Kel 3.


Network View
16. Selanjutnya untuk melihat beberapa client yang melakukan akses dengan jaringan wireless Access Point TK2C - Kel 3 adalah dengan menggunakan software "Network View".

17. Jalankan software network view yang sudah di'instal pada PC / laptop.

18. Tunggu beberapa saat sampai proses loading software selesai.

19. Untuk melihat jaringan pilih "File - New".

20. Pada intinya lakukan konfigurasi range IP yang ingin kita scan. Untuk title dan description bisa diberi nama terserah anda. Pengaturan range IP kita masukkan 192.168.1.10 untuk Start, 192.168.1.20 untuk End. Kemudian pilih OK.

21. Tunggu sampai proses scan IP selesai.

22. Setelah proses scan ip selesai maka akan tampil beberapa network yang terdeteksi, maka network / client itulah yang telah melakukan koneksi dengan wireless TK2C - Kel 3. Ternyata ada 4 client dan tentunya 4 buah client tersebut juga mendapatkan alamat ip address yang berbeda-beda yang melakukan koneksi dengan wireless TK2C - Kel 3.


Sharinga Data
23. Pada salah satu client buka  pada "network". Kemudian akan tampak beberapa client yang dalam keadaan aktif.

24. Pada komputer kita akan melakukan peng'copyan dengan komputer client lain. Misal (WIBI) dan di dalamnya terdapat file yang telah disharing oleh client WIBI.

25. Klik kanan pada file yang ingin di salin dan pilih "copy" untuk meng'copy file.

26. Kemudian letakkan / paste ke dalam komputer kita. Maka proses copy file dari komputer WIBI ke komputer kita sedang berjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar